Jumat, 06 Mei 2016

peran mahasiswa PAI UMY terhadap pendidikan indonesia



Peran mahasiswa PAI UMY terhadap pendidikan Indonesia


Mahasiswa adalah agen perubahan untuk suatu keadaan social baik di masyarakat atau lingkungan social lainnya dimana mereka berada. Karena menjadi seorang mahasiswa adalah menjadi puncak pendidikan seorang remaja atau anak muda, dengan semangat yang sedang membara atau berubahnya pola pikir dan emosi yang sedang terjadi dari masa kanak-kanak, remaja, dan sampai dewasa seperti sekrang ini. Dengan berubahnya pola pikir tersebut sangat lah penting peran mahasiswa dalam meningkatkan kualitas sumber daya alam yang ada di sekitarnya, untuk membawa perubahan lebih baik dengan inovasi-inovasi yang baru pula.
Banyak hal yang dapat dilakukan oleh seorang mahasiswa khususnya yang dibahas dalam tulisan saya kali ini adalah mahasiswa PAI UMY. Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  salah satunya memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk melakukan perubahan tersebut khususnya untuk masalah pendidikan di Indonesia
. Tidak dapat dipungkiri pendidikan di Indonesia sekarang ini dapat dikatakan memprihatinkan, masih banyak anak-anak Indonesia yang tidak mengenal meja pendidikan walaupun dari pemerintah sendiri juga tidak henti-hentinya memikirkan pendidikan rakyatnya seperti membuat program-program pendidikan seperti BOS (Bantuan Oprasional Sekolah), wajib belajar 12 tahun dan lain sebagainya banyak factor yang mempengaruhi hal tersebut terjadi, Mulai dari ekonomi keluarga, lingkungan sekitar atau bahkan kurangnya motivasi dari diri anak tersebut, hal ini sangat disayangkan karena merekalah yang kelak anak meneruskan Bangsa Indonesia ini.
Dengan begitu disinilah diperlukan peran mahasiswa untuk melakukan perubahan minimal mengurangi angka anak putus sekolah, atau dengan mengurangi anak yang tidak mengenal pendidikan. Mahasiswa bisa memulai dari hal-hal kecil dapat dilakukan untuk memperbaiki pendidikan bangsa ini, seperti mempersiapkan diri atau meningkatkan kualitas diri kita sebagai calon pendidik khususnya Agama Islam, agar layak Indonesia memilih kita sebagai penerus untuk menyalurkan ilmu agama kelak. Selain itu untuk saat ini banyak kegiatan yang dapat kami lakukan sebagai mahasiswa PAI UMY seperti membagikan ilmu yang telah didapat atau dimiliki seperti mengadakan les gratis, ngaji gratis, atau kegiatan baksos (bakti social) dibeberapa tempat yang dirasa membutuhkan atau di panti asuhan yang kurang pendidikan. Sebisa mungkin kita salurkan ilmu yang telah dimiliki terutama dalam ilmu agama yang akan mempengaruhi perkembanagn karakter anak yang kelak akan dibawanya menentukan masa depan bangsa ini.
Dengan begitu sedikit banyak kita sebagai mahasiswa depat membantu pemerintah untuk mengurangi keterpurukan masalah pendidikan yang ada di Indonesia ini. Dan diharapkan dengan adanya kegiatan positif mahasiswa dapat mengurangi angka putus sekolah di kalangan masyarakat yang kurang mampu, setidaknya mereka tetap mendapat pendidikan atau sekedar mengebal pendidikan walaupun hanya pendidikan non formal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar