Jumat, 01 April 2016

Tayangan Televisi dan Perkembangan Moral Anak



Tayangan Televisi dan Perkembangan Moral Anak

Masa sekarang teknologi sedang menguasai dunia, salah satu tekhnologi yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat selain handphone adalah televisi. Hampir seluruh masyarakat menengah keatas memiliki atau bahkan menikmati tekhnologi yang satu ini. Pesawat televise adalah salah satu sumber informasi yang mudah di terima oleh masyarakat selain radio yang hanya bisa di dengar atau lebih mengutamakan pendengaran kita, berbeda dengan televise selain ada suara terdapat gambar yang lebih menarik untuk menampilkan atau memberi informasi kepada masyarakat. Namun seiring berjalannya waktu selain menayangkan informasi sekarang televise banyak menayangkan film atau bahkan sinetron  yang menurut saya kurang mendidik walaupun sifatnya menghibur namun semua itu dapat berdampak pada moral masyarakat terutama pada moral anak-anak yang juga ikut menonnton tayangan tersebut. Karena media tekhnologi televise ini tidak hanya untuk kalangan orang tua namun sampai di kalangan remaja bahkan anak-anak pada usia dasar atau dini.

Mengacu pada jurnal sari pediatri volume 9 no 1 juni 2007 yang berjudul Pola Menonton Televisi dan Pegaruhnya terhadap anak  peelitian ini dilakukan dan di tulis oleh Terapul Tarigan, Nancy Ervani, Syamsidah Lubis dalam penelitiannya menyatakan bahwa menonton televise telah menciptakan berbagai penyakit social termasuk menciptakan pelajar pasif yang sulit untuk berkonsentrasi dalam belajar yang akan menyebabkan menurunnya nilai belajar (Tarigan Terapul, 2007). Dengan adanya hasil penelitian tersebut diatas saya berpendapat bahwa memang adanya pegaruh yang negative dari tayagan televise sekarang ini terutama untuk anak usia dini yang sedang pesat-pesatnya penyerapan dalam otaknya. Dengan demikian harus adanya campur tangan orang tua untuk dapat membatasi pola menonton anak mulai dari jam menonton smapai jenis tayangan yang patut dan dirasa dapat mendidik perkembangan anak tersebut, karena tidak sedikit pengaruh atau dampak dari bermaccam-macam tayangan televise yang ada saat ini, dapat dilihat dari tingkah laku anak atau kata-kata yang di pakainya sampai pada moral anak yang akan dibawanya dewasa nanti.
 Seperti mengacu pada jurnal Reformasi volume 2 no 1 januari 2012 yang berjudul Pengaruh Sinetron televise dan film terhadap perkembangan moral Remaja yang di teliti dan ditulis oleh Cermia Diahloka, dari hasil peelitiannya membuktikan bahwa masa remaja dikenal sebagai masa stoms and stress dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi denga pertumbuhan fisik yang pesat dan pertumbuhan psikis yang bervariasi. Pergolakan emosi remaja tidak terlepas dari bermacam pengaruh seperti lingkungan tempat tinggal, sekolah, dan teman-teman sebaya serta aktivitas-aktivitas remaja salah satunya yaitu televise dari situlah mereka mendapat pengaruh baik itu positif atau negative, pada umumnya masa remaja lebih banyak mengahabiskan waktunya di sekolah sehingga tidak memadai tuntutan gejolak energinya maka remaja seringkali meluuapkan kelebihan energinya kearah yang negative seperti tawuran (Diahloka, 2012). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa televise dapat berpengaruh terhadap perkembangan khususnya remaja karena bebasnya tayangan yang muncul dalam televise tersebut.
Seperti yang di jelaskan pada jurnal internasional yang ditulis oleh Dr.Dhyan Singh dengan judul Television viewing Habits and Moral Formation of Children’s in Rural India bahwa pada usia dini anak-anak harus lebih berhati-hati karena perkembangan moral pada diri aak adalah factor penting untuk pembentukan karakter (Singh, 2014).

Referensi

Diahloka, C. (2012). Pengaruh sinetron televisi dan film terhadap perkembanagan moral remaja. Jurnal Reformasi, 1-7.
Singh, D. (2014). Television viewing Habits and Moral Formation of Children in Rural India. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), 1-5.
Tarigan Terapul, E. N. (2007). Pola menonton televisi dan pengaruhnya terhadap anak. Sari Pediatri, 1-4.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar